Hasil Pertemuan Darurat Premier League: Komitmen Tuntaskan Musim, ‘Project Restart’ Tunggu Izin

Hasil Pertemuan Darurat Premier League
Hasil Pertemuan Darurat Premier League

Hasil pertemuan darurat pada Jumat (1/5/2020) waktu setempat tidak sepenuhnya memberikan titik terang bagi klub-klubĀ Premier League. Namun, setidaknya mereka tetap berkomitmen menuntaskan liga begitu mendapatkan lampu hijau dari pemerintah.

Menurut Sky Sports, pertemuan lewat panggilan konferensi video kali ini fokus membicarakan ‘Project Restart’. Ke-20 klub peserta pertemuan menerima penjelasan tentang persiapan dan tantangan yang mungkin dihadapi andai sepak bola benar-benar dilanjutkan.

Misalnya seperti menggelar pertandingan di stadion-stadion tertenu saja, atau pertandingan di tempat netral, tentang bagaimana para pemain bisa kembali berlatih melalui protokol yang jelas, dan apa yang harus dilakukan di lapangan latihan untuk mencegah penyebaran virus corona lebih lanjut.

Pernyataan Resmi

Seperti beberapa pertemuan sebelumnya, hasil pertemuan kali ini pun tidak jauh berbeda. Melalui pernyataaan resminya, Premier League mengatakan bahwa pertemuan itu belum menghasikan keputusan final apa pun. Mereka hanya berdiskusi dengan perwakilan klub tentang langkah-langkah yang mungkin diambil.

“Pada pertemuan pemangku kepentingan Premier League hari ini, klub-klub mendiskusikan langkah-langkah yang mungkin diambil untuk melanjutkan musim 2019/20, tentu ketika kondisi sudah aman dan pantas untuk melakukannya,” tulis Premier League.

Menunggu Anjuran Pemerintah

Premier League boleh optimistis sepak bola bisa kembali dilanjutkan. Pasalnya, dewasa ini pemerintah Inggris berinisiatif membentuk kelompok medis khusus untuk membantu menjaga kembalinya olahraga elite di UK.

“Pihak liga dan para klub mempertimbangkan langkah tentatif pertama untuk memasuki tahapan selanjutnya dan hanya akan kembali berlatih dengan anjuran pemerintah, di bawah pengawasan tenaga medis, dan setelah berkonsultasi dengan para pemain dan pelatih.”

“Pihak liga menyambut positif langkah pemerintah dalam pembentukan kelompok medis untuk kembalinya olahraga elite, yang baru bertemu pertama kalinya pagi ini.”

Project Restart Harus Menunggu

agen bola terpercaya – Lebih lanjut, pihak Premier League mengatakan bahwa masih belum ada keputusan apa pun perihal Project Restart. Yang terpenting mereka satu suara menuntaskan musim ini, hanya perlu menunggu izin pemerintah dan persetujuan para pemain.

“Tidak ada keputusan apa pun yang diambil pada pertemuan hari ini, pemangku kepentingan dan pihak klub berbagi pandangan tentang Project Restart. Telah disepakati bahwa PFA, LMA, para pemain, dan manajer merupakan kunci dari proses ini.”

Apa Sih Project Restart Itu?

Disebut berulang kali sejak paragraf pertama, apa sih sebenarnya Project Restart itu? Mengutip Sky Sports, Projetct Restart adalah dokumen yang disusun oleh Premier League director of football, Richard Garlick. Dokumen itu berisi tentang protokol yang harus dilakukan setiap klub dan pemain andai sudah diizinkan kembali berlatih.

Ada beberapa poin penting pada protokol tersebut. Salah satunya adalah setiap pemain dan staf pelatih harus menempuh tes Covid-19 48 jam sebelum berlatih. Juga, mereka bakal melewati tes untuk kemungkinan masalah pernapasan lain yang terhubung dengan virus corona.

Selain itu, juga ada beberapa peraturan seperti dilarang meludah di lapangan latihan dan penggunaan masker sepanjang latihan. Pemain pun dilarang memasuki gedung kecuali untuk menggunakan toilet.

Tentu, yang paling penting adalah bagaimana menjaga prinsip physical distancing selama latihan tersebut. Nanti, pada awalnya klub hanya diizinkan menggelar latihan dalam beberapa kelompok berisi 5 pemain saja.

Bagaimanapun, Project Restart ini hanya bisa bergulir jika sudah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah. Untuk sekarang, Premier League dan setiap klub masih harus menunggu.

Share This